Membina Generasi Islami Melalui ROHIS

Suasana  kegiatan Tadarrus Alquran Ekskul ROHIS di musala

Jika Kita berkunjung ke musala pada  Jumat pagi maka kita akan menemukan sekumpulan siswa yang sedang bertadarrus Alquran. Kegiatan ini diikuti oleh siswa yang tergabung dalam ekskul  bimbingan Rohani Islam ( Rohis Smansix).

Rohis adalah sebuah organisasi yang memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. Rohis sering disebut juga Dewan Keluarga Mesjid ( DKM ). Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Fungsi Rohis adalah forum, pengajaran, dakwa, dan berbagai pengetahuan Islam. Susunan dalam Rohis layaknya OSIS di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekertaris dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Eskul ini juga memiliki program kerja serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Rohis mampu membantu mengembangkan ilmu tentang Islam yang diajarkan di sekolah.
Rohis umumnya memiliki kegiatan yang terpisah antara anggota pria ( Ikhwan ) dan wanita ( akhwat ). Tapi tidak selalu, hal ini di karenakan perbedaan mahram diantara anggota Ikhwan dan akhwat tersebut. Apabila kajian di tempat terbuka seperti mesjid, aula, dan lapangan, maka kegiatan bisa digabung antara pria dan wanita dengan catatan harus ada pembatasnya. Kebersamaan dapat juga terjalin antara anggota dengan rapat kegiatan serta kegiatan-kegiatan di luar ruangan.
Tujuan utama Rohis mendidik siswa menjadi lebih islami dan mengenal dengan baik ajaran dan segala hal tentang Islam. Dalam pelaksanaannya, anggota rohis memiliki kelebihan dalam penyampaian dakwah dan cara mengenal Allah lebih dekat melalui alam dengan cara pembelajaran Islam di alam terbuka ( rihlah ).

Ekskul Rohis lahir atas kekhawatiran  masih banyaknya siswa yang buta aksara Alquran. Lahirlah eskul ini untuk mewadahi siswa yang belum bisa baca tulis Alquran. Ekskul Rohis (Rohani Islam) merupakan ekskul yang membina siswa-siswi yang tidak bisa membaca Al-Qur’an. Kegiatan ekskul ini membimbing siswa-siswi membaca Al-Qur’an sampai mereka benar-benar bisa membaca Al-Qur’an  dengan tartil dan sesuai  tajwid.   Bukan hanya membimbing siswa agar bisa membaca Al-Qur’an, ekskul ini juga membina siswa yang memiliki bakat tilawah (membaca Al-Qur’an dengan baik dan indah). Hal ini penting mengingat pembacaan ayat suci  Al-Qur’an dengan cara tilawah  merupakan bagian dari rangkaian kegiatan atau suatu acara sehingga sangat dibutuhkan  sebagai pengisi acara ataupun bisa juga untuk persiapan mengikuti lomba tilawatil qur’an. Ekskul yang juga kegiatan pertemuannya dilaksanakan tiap hari Jumat ini memiliki  kegiatan mingguan  yaitu menghafal alquran  setiap jam eskul. program kerjanya  diantaranya :

1. Tarbiyah
2. Darosa
3. Tadarus
4. Target hapalan

Langkah ini diambil pihak sekolah, agar anak didiknya dapat membentengi diri dari pengaruh negatif, dalam pemahaman yang mendalam.  Rohis  memiliki manfaat tersendiri untuk anggota yang memilih ekstrakurikuler yang berada di dalam sekolah tersebut, terutama mengajak kepada kebaikan dengan  agenda-agenda yang bermanfaat. Rohis bukan sekadar eskul biasa, lebih dari itu Rohis adalah satu-satunya organisasi yang komplek dan menyeluruh. Ilmu dunia dan ilmu akhirat dapat di temukan di sini. Rohis juga media pengajaran cara berorganisasi dengan baik, pembuatan proposal, bekerja sama dengan tim, dan pendewasaan diri karena dituntut untuk mengutamakan kepentingan kelompok atau jama’ah di atas kepentingan pribadi.

Pengurus eskul Rohis :
Ketua: Ulil Amri ( XI IPA 1 )
Wakil ketua: Muhammad sudarfi ( XII IPA 3 )
Sekertaris: Fajriani ( XII IPA 3 )
Bendahara: Risna Febrianti ( XI IPA EXC )

PROGRAM KERJA

1. Penghapalan
2. Buletin
3. Tadarus di awal pertemuan
4. Tarbiyah

NO. HP / PESAN

* 082 392 218 900
* 085 242 959 738

Liputan : Andi Ramlah & Chantika : X IIS Exc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *